April 23, 2014

Tips Simulasi Trading Saham

Share

Meluangkan sejumlah waktu mendalami berbagai teori investasi, melakukan observasi dan mensimulasikannya akan menjadi pengalaman penting. Anda akan belajar cepat, mendeteksi sinyal-sinyal palsu dan perilaku pasar serta merealisasikan kegagalan anda hanya dengan uang bohongan (virtual).

Anda bisa langsung terjun dengan simulasi saham, sebuah fasilitas gratis yang disediakan perusahaan sekuritas. Tumpahkan semua pertanyaan yang menyumbat pikiran anda, dan tunggu bagaimana jawaban tersebut terjawab  dengan simulasi. Anda dapat memantau pergerakan harga saham secara real time dan melakukan analisis baik fundamental atau teknikal bak pialang wall street, tanpa khawatir kehilangan uang. Melakukan berbagai teknik dan strategi yang suatu saat akan berguna bagi perjalanan trading anda.

Sekitar tiga  bulan adalah waktu minimal untuk benar-benar memahami seluk beluk dunia bursa, setidaknya enam bulan cukup bagi anda menemukan trading style dan siap dengan real money. Gaya yang mengikuti perjalanan trading anda seterusnya. Kalaupun rugi, realisasikan kerugian itu selama anda melakukan simulasi. Meski banyak investor yang terlalu bernafsu dan mudah tergoda untuk langsung investasi tanpa dimodali pemahaman yang baik. Percayalah! Kesabaran adalah kunci bermain saham.